Jeriko Terpilih Lagi Sebagai Ketum KONI Kota Kupang Periode 2022-2026

62

Kupang, CNNews.Id- Walikota Kupang, Dr. Jefirstson R. Riwu Kore, MM., MH (Jeriko), terpilih lagi menjadi Ketua Umum (Ketum) Komite Olaharaga Nasional Indonesia (KONI) Kota Kupang periode 2022-2026, melalui hasil Musyawarah Olahraga Kota (Musorkot) KONI Kota Kupang yang digelar di Hotel Pelangi Kupang, Selasa (18/1/22).

Dalam acara yang dihadiri oleh Wakil Gubernur Joshep Naisoi selaku Ketua KONI Provinsi NTT, Jeriko menyampaikan bahwa dirinya menyambut baik pelaksanaan musyawarah olah raga KONI ini. Hal ini karena musyawarah tersebut merupakan wahana untuk membahas program-program yang strategis secara berkelanjutan dalam upaya meningkatkan kemajuan olah raga di Kota Kupang.

Menurut Jeriko, momentum ini juga dimaksudkan untuk melakukan persiapan menyusun kerangka atau landasan untuk menentukan program-program kerja ke depan dan kajian strategis terhadap berbagai persoalan yang di hadapi terkait dengan pengembangan berbagai jenis olahraga yang ada di Kota Kupang.

“Saya menyarankan agar segera melakukan evaluasi secara menyeluruh dengan memfokuskan perhatian pada beberapa hal mendasar terkait dengan pengembangan cabang-cabang olahraga tersebut,” tegas Jeriko

Beberapa hal yang akan menjadi perhatian Jeriko selaku Ketum KONI Kota Kupang antara lain:

Pertama, meningkatkan kerja sama dengan seluruh pemangku kepentingan olahraga, terutama koordinasi antara pemerintah pusat dan daerah untuk memberi solusi terhadap berbagai tuntutan dalam upaya pengembangan olahraga ke depan, karena pembinaan olahraga secara profesional membutuhkan penganggaran yang cukup besar dengan dukungan infrastruktur dan superstruktur yang memadai.

Kedua, upaya perekrutan dan pembinaan atlet, peningkatan profesionalitas pelatih, serta pelaksanaan pergelaran even-even invitasi perlu diprioritaskan dan terjadwal secara baik. Ketiga, perlu dipikirkan penghargaan yang proporsional bagi para atlet, guna mendorong keseriusan mereka menggeluti bidang olahraga, sekaligus mendongkrak peningkatan prestasi.

Selanjutnya, Jeriko berharap momentum ini menjadi bagian dari kebulatan tekad untuk memulai gebrakan baru, menyongsong kemajuan olahraga daerah Provinsi NTT khususnya di Kota Kupang.

Hal itu dapat diwujudkan melalui dedikasi, kerja keras dan kerja cerdas untuk melanjutkan upaya kaderisasi atlet-atlet muda berbakat, dengan melaksanakan sebanyak mungkin even-even olahraga untuk berbagai jenjang usia.

Sementara itu wagub NTT sekaligus Ketum KONI Provinsi NTT dalam sambutannya mengatakan, olahraga memberikan kontribusi yang sangat besar bagi perekonomian di daerah. Pemikiran seperti ini yang harus dikembangkan, sebagai contoh pada PON XX Papua sebelumnya pertumbuhan ekonomi Papua hanya 1,2%, tetapi dengan diselenggarakannya PON, pertumbuhan ekonomi di Papua meningkat menjadi 16,8%.

Ia juga menyampaikan bahwa olahraga prestasi adalah sebuah industri masa kini untuk memajukan perekonomian nasional maupun daerah, oleh karena itu olahraga dapat mendatangkan uang maupun keuntungan bagi suatu daerah. Hal ini menjadi positif ke depan agar pembiayaan olahraga tidak hanya bergantung kepada pemerintah, namun dapat membiayai olahraga itu sendiri. Lebih lanjut Wagub menjelaskan dengan adanya even-even olahraga di daerah dapat merangsang pengelola UMKM-UMKM dan industri perhotelan yang dengan kreativitasnya memperoleh keuntungan dari kegiatan tersebut.

“Tugas KONI adalah memperhatikan dan meningkatkan olahraga prestasi menjadi sebuah industri olahraga yang menghasilkan dan memajukan perekonomian, karena dengan memajukan perekonomian maka kesejahteraan atlet-atlet kita akan tercapai. Dengan demikian KONI tidak lagi meminta uang ke pemerintah namun dapat membiayai organisasi itu sendiri atau bahkan dapat memberikan sumbangsih ke pemerintah,” tegas Wagub Naisoi. (cnn/pkp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here